Kisah Pilu Dibalik Terciptanya Lagu (Maria) Bunda Pembantu Abadi

688

Kisah Pilu Dibalik Terciptanya Lagu (Maria) Bunda Pembantu Abadi, katolikzone.com – Lagu (Maria) Bunda Pembantu Abadi tentu tidak asing bagi umat Katolik. Lagu ini, kemudian sempat digubah menjadi Bunda Penolong Abadi. Namun, tahukah Anda, kisah di balik terciptanya lagu BUNDA PEMBANTU ABADI?

Jika belum tahu, berikut kami coba bagikan kisahnya untuk Anda. Kisah ini kami rangkum dari channel YouTube Bentara SoVerDi, yang diposting dengan judul “Kisah Pilu Fr. Albertus Thius, SVD Dibalik Terciptanya Lagu Maria Bunda Pembantu Abadi” pada tanggal 24 Mei 2020.

Frater Albertus Thius lahir di kampung Oenak, Paroki Hati Maha Kudus Yesus Noemuti, Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tanggal 14 November 1961.

Albertus Thius lahir sebagai anak keempat dari dua belas bersaudara dari pasangan Gabriel Yosef Thius dan Agatha Kolo. Keluarga Thius adalah keluarga komponis. Karena itu tidak heran bahwa Albert Thius memiliki bakat dan talenta yang lebih dalam hal mencipta lagu.

Setelah tamat dari Seminari SMA Santa Maria Immaculata Lalian, Keuskupan Atambua, Albertus Thius memutuskan bergabung dengan keluarga besar Serikat Misionaris SVD dan mulai Pendidikan di Ledalero.

Pada tahun 1986, Frater Albertus Thius diutus untuk menjalankan Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di Labuanbajo, Manggarai Barat. Saat menjalani masa TOP, Frater Albertus Thius mengalami tragedi kelabu dalam peristiwa kecelakaan mobil. Pada saat kecelakaan tersebut, Albertus Thius mengalami cidera pada kepalanya. Dan inilah awal dari segala penderitaan hidupnya hingga akhirnya divonis mengidap kanker otak.

Peristiwa kelabu yang dialami pada 1987 ini membuat seluruh hidupnya dihantui oleh penderitaan dan sakit hingga Frater Albertus Thius kembali ke Seminari Tinggi Ledalero.

Walau divonis kanker otak, Frater Albertus Thius tetap setia untuk menjadi seorang SVD sejati. Ia memaknai penderitaan yang dialaminya seperti Yesus yang berjumpa dengan Maria, ibuNya dalam perjalanan kesengsaraan dan penderitaanNya memanggul salib menuju Golgota.

Frater Albertus Thius menggambarkan seluruh pergumulan dan perjuangannya bersama Bunda Maria dalam lagu (Maria) Bunda Pembantu Abadi. Lagu ini diciptakan oleh Frater Albertus Thius saat menjalani perawatan di RS St. Elisabeth Lela – Maumere.

Di tengah situasi sakit berat yang dideritanya, Albert Thius mendapatkan berkat yang istimewa dari Bunda Maria. Pimpinan SVD mengabulkan permohonannya untuk mengikrarkan kaul kekalnya sebagai seorang SVD.

Pada tanggal 15 Agustus 1989 secara luar biasa Albertus Thius mengikrarkan kaul kekal sebagai anggota resmi SVD untuk selama-lamanya tepat pada perayaan Bunda Maria diangkat ke Surga. Frater Albertus Thius mengikrarkan kaul kekalnya di RS Santa Elisabet Lela – Maumere.

Sesuadah itu Albertus Thius masih bergulat dengan penderitan yang dialaminya untuk beberapa waktu sampai tanggal 8 Mei 1990 dengan tenang Frater Albertus Thius mengakhiri seluruh pesiarahan hidupnya sebagai seorang Biarawan Misionaris SVD di RS St. Elisabeth Lela – Maumere.

katolikzone.com
Pekuburan SVD Ledalero (Photo: repro dari Chanel Youtube)

Jenasahnya disemayamkan di Kapela Agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero. Dan dimakamkan di Pekuburan SVD Ledalero. Inilah persembahan terindah dari seorang abdi yang setia, Frater Albertus Thius SVD.

Bunda Maria, Bunda Pembantu Abadi, doakanlah kami anak-anakmu, sekarang dan pada waktu kami mati, Amin.

Setelah membaca kisah di balik terciptanya lagu (Maria) Bunda Pembantu Abadi, mari kita bernyanyi lagu tersebut sambil mengenang Frater Albertus Thius SVD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here